joomla3Setelah lama menimbang dan merenung (he...he...he...), akhirnya keputusan tidak berubah: update ke Joomla versi 3! Meskipun kecintaan saya pada template sebelumnya belum memudar, tapi karena pertimbangan mobilitas, bisa diakses di mana saja, mengharuskan saya melepas Joomla 2.5 dan berpindah ke versi 3. Artikel berikut merupakan pelengkap dari artikel sebelumnya, tentang update dari Joomla 1.5 ke Joomla 2.5   Sehingga banyak kalimat yang saya copas karena masih relevan.
Alhamdulillah, setelah 2 mingguan menyiapkan bahan dan literatur, pada minggu ini Versi 3 My Little Notes dapat online. Meskipun tentu saja, masih banyak yang harus dibenahi terutama perbaikan link dan ekstensi pendukung lainnya.
Nah melalui tulisan ini, tiba saatnya bagi saya untuk berbagi kepada rekan pembaca semua bagaimana cara mudah untuk melakukan update dari Joomla 2.5 ke Joomla 3. Ikuti panduan singkat berikut…

Sebelum Melakukan Upgrade

Mungkin banyak timbul pertanyaan, apakah perlu melakukan upgrade dari Joomla 2.5 ke Joomla 3. Jawabannya relative: Jika anda tidak sedang bermasalah dengan Joomla anda dan banyak ekstensi yang belum mendukungnya, silakan pertahankan ‘paling tidak’ untuk 1 tahun ke depan. Sehingga pada saat itu mudah-mudahan ekstensi yang ditunggu sudah siap. Seperti diketahui support untuk Joomla 2.5 akan berakhir pada akhir 2014.
Akan tetapi, jika anda memiliki waktu luang dan tidak ada masalah dengan ekstensi pendukungnya, silakan pertimbangkan dengan beberapa alasan berikut:
  1. Hukum alam berlaku, semakin telat kita mengikuti perkembangan teknologi, semakin susah kita akan menyesuaikan diri di kemudian hari, betapa banyak situs yang berbasis Joomla 1.0 sampai sekarang menjadi tidak menarik lagi karena sang admin menjadi malas untuk berkreasi.
  2. Joomla 3 sudah responsif! Yup, Joomla kini resmi menjadi responsif – siap digunakan pada perangkat mobile, karena bantuan Bootstrap. Front-end akan memiliki built-in fitur yang responsif, demikian juga back-end akan mewarisi tweak ini. Sekarang anda akan mendapatkan situs di bawah kendali bahkan ketika Anda "on-the-go" hanya dengan perangkat mobile! Bisa diakses dimana saja meskipun dari ponsel mini.
  3. Kelebihan lainnya yang bisa anda baca di 20 hal baru tentang Joomla 3!
Jika anda mengambil pilihan UPDATE, ikuti langkahnya berikut ini:
  1. Lakukan update Joomla anda yang sekarang, update terbaru saat ini adalah versi 2.5.16
  2. Lakukan FULL BACK UP situs anda, baik file maupun Databasenya. Jika anda kesulitan, ada komponen gratisan yang mudah dan siap membantu anda. Silakan gunakan Akeeba backup  keterangannya ada di sini
  3. Siapkan seluruh ekstensi dan template yang kompatibel dengan Joomla 3, download dan simpan dalam satu folder untuk  mudahkan dalam pelaksanaan nantinya.
  4. Catat atau buat screenshot untuk seting seluruh komponen atau modul yang penting, supaya kita dapat menyeting kembali di tempat yang sama untuk Joomla 3, seperti position ataupun kode yang ada.
  5. Uninstall seluruh extensi yang bukan bawaan Joomla, karena biasanya inilah penyebab timbulnya error.
  6. Cek apakah server kita memenuhi persyaratan minimal untuk Joomla 3 dapat berfungsi, sesuai dengan pengumuman dari developernya, anda harus mengecek beberapa list berikut:
  7.  Software   Recomended   Minimum   More Information 
     PHP (Magic Quotes GPC off)  5.4 +  5.3.1 +  http://www.php.net
     Supported Databases:   
     MySQL (InnoDB support required)  5.1 +  5.1 +  http://www.mysql.com
     MSSQL  10.50.1600.1+  10.50.1600.1+  http://www.microsoft.com/sql
     PostgreSQL  8.3.18 +  8.3.18 +  http://www.postgresql.org/
     Supported Web Servers:   
     Apache
    (with mod_mysql, mod_xml,
    and mod_zlib)
     2.x +  2.x +  http://www.apache.org
    Nginx 1.1 1.0 http://wiki.nginx.org/
    Microsoft IIS 7 7 http://www.iis.net
           
  8. Siapkan waktu yang tepat, bisa malam minggu (biar tidak mengganggu jam kerja), koneksi internet yang baik (jangan lakukan jika koneksinya sedang bermasalah).
  9. Segelas kopi panas dan pisang goreng :) (optional).

Pelaksanaan Upgrade (Otomatis)

Saya menyarankan jangan dilakukan upgrade pada situs yang sedang online, copy saja file dan database yang telah dibackup dan restore ditempat baru, misalnya buat subdomain seperti new.agussuwasono.com atau lakukan di offline server menggunakan WAMP atau XAMPP. Silakan pelajari di sini.
  • Browse ke Components klik Joomla! Update dan klik Options
update-option
  • Pada Update Server pilih Short Term Support
short-term

  • Klik "Install the update":
update
Jika semua berjalan normal, Jika di klik link site, maka akan muncul situs joomla 3 yang tampak masih original. Jangan kaget karena dari sinilah proses awal ‘utak-atik’ dimulai.
Catatan: Jika "Install the update" tidak muncul, arahkan browser ke Extensions (menu atas) >> Extension Manager (sub menu) >> Update (tab) >> Purge Cache (tombol - kanan).

Jika Timbul Masalah

Karya manusia memang tidak ada yang sempurna, pengalaman saya sendiri saat semangat akan mengupgrade ternyata tidak semulus yang direncanakan. Jika anda menjumpai error coba bertanya kepada paman google copas error yang ada dan biasanya anda tidak sendirian, beberapa penyelesaian masalah tersedia dengan beberapa pilihan. List beberapa error dapat dipelajari di sini...
Contoh pemecahan masalah ada di video berikut:

Mengupdate Situs yang baru

Hal ini perlu pembahasan yang panjang, hanya yang perlu diperhatikan stepnya antara lain:
  1. Perbaiki database dengan masuk ke control panel >> Extensions>>extension manager>>Database>>Klik tombol Fix di pojok kanan atas, maka database system baru akan diperbaiki.
  2. Memperbaiki menu, karena banyak yang kategori id nya berubah, missal menu yang tadinya artikel bisa nyasar ke download. Namun hal ini bukan masalah besar, karena mudah untuk diatasi.
  3. Jika sudah selesai memperbaiki menu, klik tombol rebuild pada pojok kanan atas, agar link yang rusak segera diperbaharui. Jika tidak, maka aka nada peringatan error pada saat anda mengupdate artikel.
  4. Lakukan penginstalan template, komponen, module dan plugin yang telah disiapkan sebelumnya. Jika oke semua, lakukan pemindahan file dan database ke situs online anda.
Selamat mencoba!

sumber : agussuwasono.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top