firebug
Video tutorial tentang penggunaan addon firefox untuk kustomasi CSS dan HTML pada Joomla...
Bagi pengguna setia browser firefox, tentunya tidak heran lagi dengan istilah add-on. Add-on atau plugin merupakan aplikasi tambahan pada browser yang mempunyai beragam fungsi dan kegunaan.
Add-on ini dapat anda pilih di situs resminya di sini. Salah satu addon yang sangat bermanfaat bagi web developer adalah firebug. Demikian halnya bagi pengguna Joomla, dengan add on gratisan ini anda dapat memanfaatkannya untuk:
  • Mendapatkan kode CSS yang tepat untuk elemen HTML tertentu pada sebuah halaman web.
  • Secara cepat mengidentifikasi kode HTML pada setiap elemen pada halaman web.
  • Secara cepat dapat melihat perubahan pada saat mengedit kode HTML atau CSS pada halaman web.
  • Tatkala ada sesuatu yang salah, Firebug memungkinkan Anda tahu segera dan memberi Anda informasi rinci dan berguna tentang kesalahan dalam JavaScript, CSS, dan XML yang muncul.
  • Halaman Anda mengambil waktu yang lama pada saat loading, tapi kenapa? Apakah Anda menulis JavaScript terlalu banyak? Apakah Anda lupa untuk mengkompres gambar Anda? Apakah server iklan pasangan Anda mengambil beban terlalu banyak? Firebug dapat membantu semuanya untuk Anda file demi file.
Kali ini saya tidak akan membahasnya satu demi satu, karena saya juga memiliki keterbatasan waktu dan pengetahuan, akan tetapi saya menemukan video tutorial yang cukup lengkap meskipun dalam bahasa Inggris dari Joomla Community.
Untuk mendownload dan menginstalnya di firefox, cukup download aplikasinya melalui browser firefox di sini. Ada juga forum yang yang dapat memandu anda untuk berdiskusi tentang hal yang berkaitan dengan firebug di sini...
Nah,... untuk penggunaan firebug dengan Joomla dapat anda pelajari di 2 video tutorial berikut ini:
         Video 1   dan   Video 2

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top