Tips Joomla

Cara menginstal JComments pada Joomla 1.5

Untuk memenuhi keinginan beberapa rekan,berikut artikel singkat cara penyetingan Jcomments pada Joomla...
Seperti telah saya uraikan pada tulisan sebelumnya, bahwa salah satu cara untuk membikin hidup sebuah website adalah dengan memasang kolom komentar yang memungkinkan pembaca dengan administrator atau antar pembaca berinteraksi dalam sebuah diskusi. Salah satu komponen yang dapat kita manfaatkan adalah JComments.
Sayangnya Sang developer tidak menyediakan tutorial yang singkat yang mampu mendukung pengguna awal untuk menginstalnya. Ada beberapa rekan yang sering menanyakan cara setup pada penggunaan JComments. Atas dasar itulah saya sempatkan menulis panduan singkat untuk menginstal Jcomments pada Joomla 1.5.
  1. Langkah awal yang harus anda siapkan adalah mendownload komponen, modul atau plugin Jcomments. Anda bisa download di sini.
  2. Lakukan penginstalan komponen terlebih dahulu, layaknya menginstal komponen lainnya: Login ke kontrol panel, Arahkan ke Extensions ---> Instal/uninstall.Pada Upload Package File klik browse dan pilih com_jcomments_v2.2.0.0 (yang telah didownload) kemudian klik Upload File & Install.
  3. Jika penginstalan berhasil, selanjutnya rahkan ke Components ---> JComments ---> Settings. Lakukan penyetingan seperti screenshot berikut:
  • Pada tab General ---> Categories : Highlight (Tandai dengan warna biru) kategori yang akan diberi kolom komentar. Biarkan kategori yang tidak dikehendaki komentar di dalamnya.
1.general
  • Pilih juga fasilitas lain seperti notifikasi, RSS feeds dan pilih Yes untuk mengaktifkan avatar.
  • Demikian juga pada tab Layout, terdapat banyak fitur yang bisa anda aktifkan atau tidak. Seperti vote, smiles, tampilan, jumlah halaman. Biarkan aja default jika anda tidak mau pusing.
2.layout
  • Yang penting untuk tab Permissions adalah pada pilihan Autopublish  untuk anggota yang belum teregistrasi (Unregistered). Jika anda klik, artinya semua komentar baru bisa langsung muncul, atau sebaliknya menunggu anda untuk mempublikasikannya.Di sini anda bisa 'memainkan' fitur yang berbeda sesuai dengan grupnya masing-masing.
3._Permission
  • Pada Tab Restrictions anda bisa mengkonfigurasikan ukuran maupun panjang komentar dan nama yang tidak boleh dipakai pada kolom komentar.
  • Demikian juga pada filter dan Messages anda dapat mengkombinasikan keinginan anda sesuai kebutuhan.

4. Setelah setingan selesai,klik tombol save dan lakukan pengecekan di front end. Jika semua sesuai rencana, maka anda akan jumpai form komentar bisa muncul di bawah masing-masing artikel.

4._Add_Comment

Modul Latest comments
Untuk mengetahui komentar terakhir yang muncul, anda harus menginstal module mod_jcomment_v2.5.4 (Update terakhir) sama seperti pada penginstalan komponen.

Setelah anda menginstalnya Cek Extensions ---> Module kemudian cari judul module JComments Latest (defaultnya di posisi left). Lakukan penyetingan section atau category mana yang akan ditampilkan, jika anda ingin menampilkan semua kecuali section atau category tertentu, maka isi saja kolom Exclude sections atau Exclude categories yang akan dinon-aktifkan dengan memisahnya dengan tanda koma.

Anda juga dapat mengaktifkan fitur lain seperti jumlah komentar yang ditampilkan,judul, RSS label, avatar dan yang lainnya. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda.

Plugin JComments

Untuk dapat menampilkan avatar, anda harus menginstal plugin plg_jcomments_avatar_j15_v3.1 seperti pada penginstalan komponen. Setelah terinstal, arahkan ke Extensions ---> plugin. Aktifkan JComments - Avatar dengan terlebih dahulu memilih jenis avatar yang akan dipakai, seperti Gravatar, Jomsocial, firboard forum dan banyak pilihan lainnya.
Pilih yes pada enabled dan save untuk mengakhiri penyetingan plugin. Anda juga dapat mengaktifkan fungsi         Editor Button - JComments ON/OFF pada artikel editor untuk mengaktifkan atau menonaktifkan fungsi komentar di artikel.
Static Articles
Untuk mengaktifkan artikel tertentu tanpa kategori (static articles) coba cara berikut : cukup klik tombol JComments ON pada artikel editor seperti gambar berikut:
on-of_comment
demikian juga anda bisa menonaktifkan komentar pada artikel tertentu dengan menekan JComments OFF.
Mengaktifkan Avatar
Selain dengan menginstal plugin avatar, perlu juga diaktifkan fasilitas ini melalui seting berikut:
  1. Pilih "General" tab dan setup "Plugin support" parameter menjadi "Yes". Parameter ini bertanggungjawab dalam fungsi third-party JComments plugins,termasuk avatar's plugin.
  2. Pilih "Permissions" tab dan setup pilih grup yang bisa melihat avatar. Ceke "Display Gravatar" parameter untuk membolehkan grup melihat avatar.
  3. Save setingan anda.
Berminat mencoba? Silakan download di sini...


sumber : agussuwasono.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top