Pembaca Ebook Joomla Vol.1 dan Vol.2 yang sudah membaca dan mempraktekkan isinya, tentu sudah memiliki website Joomla di PC/Laptop, walaupun tampilan dan isi website Joomla tersebut saat ini hanya dapat dilihat oleh Pembaca sebagai pengguna PC/Laptop. Apabila Pembaca menginginkan agar website Joomla yang sudah dibuat tersebut dapat juga dilihat oleh banyak orang di seluruh wilayah Indonesia, atau bahkan di seluruh dunia, maka Pembaca harus mempublikasikannya di Internet.

Apa saja yang diperlukan?
Memiliki Website dapat dianggap sebagai memiliki rumah di Internet. Sebagaimana layaknya memiliki rumah tempat tinggal, tentunya Pembaca perlu memiliki bangunan rumah beserta isinya, tanah/lahan tempat bangunan rumah, alamat rumah, serta memberitahukannya kepada siapapun yang diinginkan. Demikian pula halnya dengan memiliki Website, Pembaca perlu membuat Website beserta isinya sebagai bangunan rumah di Internet, mencari tempat di Internet sebagai lahan untuk Website  (hosting), memberinya nama domain sebagai alamat di Internet, lalu mempromosikannya agar dapat diketahui keberadaannya oleh seluruh pengguna Internet.
Jadi untuk dapat mempublikasikan website Joomla di Internet, sedikitnya diperlukan beberapa hal berikut ini:
  • Website Joomla; Pembaca sudah memilikinya dengan membaca dan mempraktekkan isi EbookJoomla Vol.1 dan Vol.2.
  • Hosting dan nama domain; saat ini di Internet banyak tersedia penyedia layanan hosting dan nama domain.
  • Transfer website Joomla dari PC/Laptop ke server di Internet:
       - FTP Software (optional); diperlukan untuk transfer file/folder website Joomla.
       - cPanel; tersedia sebagai salah satu fitur hosting, diperlukan untuk create dan import database Joomla, transfer file/folder (bila tidak menggunakan FTP software).
Lalu bagaimana cara mempublikasikan Website Joomla di Internet?.....  Nantikan pembahasannya pada notes selanjutnya...

-semoga bermanfaat-

sumber : cangkruk.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top