TipsTerkadang kita ingin menampilkan sesuatu yang berbeda dan unik dibandingkan dengan sesuatu milik orang lain. Itu juga bisa terjadi pada jutaan situs berbasis Joomla. Jutaan situs Joomla akan memiliki halaman default yang sama - terutama pada halaman offline. Jadi, bagaimana kita bisa mendapatkan sesuatu yang unik pada situs Joomla pada halaman offline kita?

Berikut langkah-langkah singkat yang dapat anda ambil untuk mendapatkan halaman offline sendiri yang unik pada situs berbasis Joomla 1.5.

Modifikasi 1

Merupakan cara termudah yang dapat anda lakukan, yaitu hanya mengganti logo dan kalimat pada halaman offline tanpa merubah core file offline.php. Tampilan default pada offline page Joomla 1.5 adalah seperti gambar berikut:

1.default-offline
Berikut langkah mudah yang dapat anda lakukan:
1. Siapkan logo yang anda kehendaki, berupa file jpg berukuran 350x71 pixel dan namai dengan "joomla_logo_black" yang selanjutnya anda upload ke folder images di root folder Joomla anda. Sebelum diupload rename "joomla_logo_black" (logo bawaan Joomla) misalnya "logo_lama" atau delete jika anda tidak menghendakinya. Cara Mudah dalam mengupload: login ke admin panel, site--Media Manager. Pada kolom sebelah kiri bawah "browse" logo yang telah disiapkan, kemudian kilik "start upload".
2.Change_image

Jika anda aktifkan offline page, maka akan terlihat seperti berikut:
3.sample_logo
2. Ganti kalimat "This site is down for maintenance. Please check back again soon." Caranya, login ke admin panel, site--Global Configuration, pilih "site settings". Pada "offline message" isi kalimat yang anda kehendaki, misalnya "Mohon maaf...Site dalam perbaikan. Kunjungi beberapa saat lagi..." Jangan lupa pilih "Site Offline" - Yes, jika anda ingin mengaktifkannya.
4.Message
Jika anda cek di halaman offline, kurang lebih akan terlihat seperti gambar berikut:
5.Sample_offline
Modifikasi 2

Pada modifikasi ini, kita akan mengganti core offline.php bawaan Joomla menjadi tampilan yang sesuai kita kehendaki. Karena sebagian besar dari kita (termasuk penulis), tidak paham tentang bahasa pemrograman - php, maka kami telah siapkan contoh file yang bisa anda modifikasi lebih lanjut.

1. Pertama, download file halaman offline di sini di mana Anda dapat menemukan file yang diperlukan, sebagai contoh untuk membuat halaman ini. Ada 4 buah file yang terdapat pada folder yang anda download: offline.css, offline.php, offline.png dan offline.psd.

PSD yang saya sertakan, dimaksudkan agar anda dapat lebih mudah memodifikasi gambar sesuai dengan selera anda menggunakan program adobe photoshop.

File offline.php terlampir adalah salinan dari offline.php dari file core Joomla 1.5 yang ada di folder "template/system/"  dengan beberapa baris script yang dibuang, yang akan digunakan sebagai default file yang akan dipanggil oleh sistem ketika situs sedang offline.

2.Upload ketiga file yang ada di file yang anda download:
offline.png ke folder images di template Anda saat ini (Templates/'template_anda'/images/)
offline.php ke folder template Anda saat ini (Templates/'template_anda'/)
offline.css ke folder css. (Templates/'template_anda'/css)

Jika, tidak ada masalah, maka halaman offline anda akan kelihatan seperti gambar berikut ini:
6.Full_change 
sumber : agussuwasono.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top