joomla25-logoBagi kita yang ditakdirkan dilahirkan di bumi pertiwi Indonesia, terkadang dihadapkan pada kendala bahasa pada saat menggunakan 'sesuatu' yang berbahasa asing. Demikian halnya pada penggunaan CMS berbasis Joomla yang fasilitas 'Indonesian Language'-nya masih sangat terbatas.
Karena ada dual language dalam satu halaman, sehingga terkadang kita merasa kurang nyaman. Konten artikel kita menggunakan bahasa Indonesia, sementara aksesories lainnya menggunakan bahasa Inggris. Seperti pada penggunaan kata 'Read more...', 'Published on' dan kata lainnya. Nah... untungnya pada Joomla 2.5 sudah tersedia fasilitas 'Overrride Languages' yang dengannya kita dapat memanfaatkan penggantian kata tertentu tanpa menginstal language add-on pada CMS kita, karena belum tersedianya 'translate language' ataupun alasan lainnya.
Artikel singkat berikut, akan memandu anda melakukan penggantian kata asing tersebut, menjadi bahasa yang kita kehendaki baik bahasa Jawa, bahasa Sunda atau Bahasa Indonesia.
Langkah pertama tentunya melihat frontpage situs kita, lihat kata mana yang akan diganti, highlite kemudian klik kanan dan copy kata dimaksud. Misalnya dalam contoh ini kata 'Read More...'.
language manager
Selanjutnya login ke backend (control panel) dan arahkan ke Extensions >> Language Manager. Selanjutnya klik tab Overrides dan klik New untuk menambahkan kata yang akan diganti:
overrides
maka akan muncul form isian kosong yang harus kita isi, caranya ikuti screenshot berikut:
new override
Klik value pada tombol pilihan, kemudian paste kata yang kita copy di frontpage dan klik tombol search, maka akan muncul banyak pilihan. Di sini kita harus jeli, kata yang kita cari termasuk dalam komponen bahasa yang sesuai dengan yang kita kehendaki. Misalnya pada contoh Read More termasuk dalam kategori Com_Content_Read_More, klik komponen ini dan ganti kata Read more pada form Text dengan kata yang kita inginkan, misalnya Selengkapnya.... Jika siap, klik Save and Close atau Save & New jika akan mengganti kata yang lain.
Jika ingin melihat hasilnya, buka situs anda dan refresh browser yang anda gunakan. Semoga bermanfaat.

sumber : agussuwasono.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top