joomla_tipSiapa yang tak kenal dan tak memiliki Facebook? Jika anda bertanya kepada orang-orang di sekitar anda, dapat dipastikan mereka memiliki akun jejaring sosial yang sangat popular hingga detik ini. Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh checkfacebook.com pada 5 Februari 2011, total masyarakat dunia yang mengakses Jejaring Sosial Terpopuler Facebook saat ini telah mencapai angka yang cukup tinggi yakni 608,083,720. Indonesia menduduki urutan nomer 2, setelah Amerika Serikat, dari daftar negara dengan jumlah pengguna akses facebook tertinggi. Indonesia mencapai angka 34.498.920 pengguna facebook, dengan 100% online user.
Keberadaannya yang begitu dominan di dunia maya, membuat banyak developer menciptakan aplikasi yang berafiliasi dengan FB. Tulisan ini bukan untuk membahas FB itu sendiri, akan tetapi bagaimana menampilkan FB Fanbox di aplikasi opensource Joomla! Dalam hal ini kita akan menggunakan module.
Kalau kita cari di extension Joomla, banyak alternatif untuk menampilkan FB Fan Box di Joomla. Kali ini saya hanya mencontohkan dua module yang lumayan populer dipakai di website berbasis Joomla!:
1. JV Facebook Module ini dibuat oleh developer template yang cukup populer yaitu Zootemplate. Aplikasi yang kompatibel di Joomla 1.5 ini cukup fleksibel, hanya dengan sekali menginstal module akan didapat beberapa fitur untuk menampilkan Facebook Fanbox, Stream, Recommendations dan Activity Feed. Anda juga dapat mengkustomasi tampilan dengan menyesuaikan latar belakang warna yang dikehendaki.
Untuk mendownloadnya, anda harus teregistrasi di website yang dengannya anda dapat mengakses link download.
Demo Module                                            Download
2. Facebook Fanbox (Likebox)
Box Fan merupakan widget sosial yang memungkinkan pemilik halaman Facebook untuk menarik dan mendapatkan penggemar Facebook dari situs mereka sendiri.
Kotak Fan memungkinkan pengguna untuk:
  • Melihat berapa banyak pengguna yang sudah menjadi penggemar, dan melihat beberapa teman mereka yang membaca posting terbaru dari Page
  • Menjadi penggemar dengan 1-klik tanpa perlu mengunjungi halaman Facebook.
Tersedia versi yang free dan berbayar, tentunya ada pengurangan fitur yang tersedia bagi pengguna yang menginginkan gratisan. Perbedaan fitur tersebut dapat anda lihat di web developernya.

sumber : agussuwasono.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top