Recaptcha
Pada tulisan sebelumnya telah kami sampaikan cara melindungi spam dengan recaptcha untuk Joomla versi 1.5. Kali ini kami sajikan artikel yang berkaitan dengan Recaptcha pada Joomla 2.5...
SPAM atau yang biasa disebut juga dengan junk mail, adalah email yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas komputer dalam bentuk surat elektronik (email), Instant Messaging, Usenet, newsgroup, blog, dll. SPAM tidak diinginkan oleh pengguna komputer karena SPAM biasanya berisi iklan dari perusahaan yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Biasanya, SPAM akan dirasa mengganggu apabila jumlah email atau lainnya dikirim dalam jumlah yang banyak / besar.
Dampak buruk dari adanya SPAM antara lain :
  • Terbuangnya waktu, untuk menghapus berita-berita yang tidak kita inginkan
  • Harddisk menjadi penuh, harddisk penuh mengakibatkan mail server tidak dapat menerima email lainnya.
  • Menghabiskan Pulsa Telepon / Bandwidth, dengan terkirimnya email yang tidak kita inginkan dalam jumlah besar, akan menghabiskan bandwidth (yang menggunakan Dial Up ke ISP) dan mengganggu layanan lainnya yang lebih penting
  • Virus dan Trojan, Kemungkinan adanya Virus atau Trojan yang menyusup didalam SPAM

Cara Kerja SPAM

Para Penyebar SPAM biasanya juga menggunakan mail server orang lain, juga alamat e-mail yang bukan menunjukkan identitas pemiliknya dalam artian alamat e-mail tersebut memang benar ada tapi si pengirimnya bukan yang punya. Mengirim e-mail menggunakan alamat e-mail seperti diatas, sangat dimungkinkan karena protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang digunakan dalam pertukaran e-mail tidak pernah memverifikasi alamat e-mail dengan alamat IP-nya. Artinya, orang bebas mengirim e-mail dari manapun (dari alamat IP apapun) dengan menggunakan alamat e-mail siapapun.

Captcha pada Joomla 2.5

Captcha merupakan message random yang ditampilkan pada form pendaftaran melalui sebuah situs Joomla (kegunaan captha agar memastikan si member serius untuk mendaftar menjadi anggota di website tersebut/bukan oleh mesin otomatis).
Versi Joomla sebelumnya (terutama 1.0.x, 1.5.x, dan 1,7) diperlukan beberapa langkah untuk menerapkan perlindungan spam di situs Joomla Anda. Untuk mengaktifkan perlindungan ini pada halaman Pendaftaran atau kontak, Anda harus men-download, menginstal dan mengkonfigurasi plugin captcha. Dimulai pada Joomla 2.5, Anda dapat dengan cepat mengaktifkan Captcha (Recaptcha) dari dalam instalasi default Joomla!
Pertama-tama, Anda harus mendapatkan kunci publik (Public key) dan private key dari http://recaptcha.net dan kopi angka acak yang ada. Recaptcha merupakan layanan gratis, tetapi Anda memerlukan akun Google dalam membuat kunci captcha untuk domain utama Anda. Sekarang Anda hampir siap melindungi Joomla Web dari spambot.
Dari menu Admin Joomla, pilih Extensions-> Manajer Plugin. Pada daftar plugin, cari dan pilih 'Captcha-Recaptcha' untuk membukanya, paste Public key dan private key ke dalamnya, kemudian atur statusnya ke 'Enabled'. Kemudian 'save'. (Anda juga dapat memilih tema yang berbeda untuk captcha anda.)
Untuk melindungi formulir kontak Anda, arahkan ke Site-> Konfigurasi-> Global Site (tab) dan dari daftar Captcha Default, pilih Captcha - reCAPTCHA.
Jika Anda ingin menambahkan captcha untuk melindungi form situs pendaftaran Anda, cukup arahkan ke Pengguna-> User Manager dan klik ikon Opsi di sisi kanan. Dari daftar Captcha pilih 'Recaptcha plugin' kemudian simpan perubahan. Itu saja! Recaptcha juga dapat dipakai untuk fungsi reset password Joomla dan fungsi pengingat pada pilihan nama pengguna!
Sekarang Anda tidak perlu kuatir dengan adanya spammer!

sumber : agussuwasono.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top